.quickedit{ display:none; }

19/12/12

Tradisi Minum Kopi di Kawasan Paracis


KARAWANG saat ini merupakan salah satu kota bisnis di Jawa Barat yang penduduknya disibukkan dengan rutinitas padat. Namun, sesekali, kejenuhan aktifitas itu menimbulkan kecenderungan melepaskan penat, di antaranya bercengkerama dengan teman ataupun hanya duduk di sebuah tempat yang dianggap nyaman, misalnya saja di warung kopi.

Hal tersebut juga menjadikan faktor berkembangnya usaha sejenis warung kopi dengan pelayanan yang berbeda-beda di Karawang. Itu seperti disebutkan seorang pemilik Warung Kopi dibilangan Paracis Jl By Pass Kota Karawang, Yayanudin, kepada RAKA kemarin. Dia mengakui, usaha warung kopi dijalaninya berawal pula dari kesukaannya melepas lelah sambil mengonsumsi kopi ditempat-tempat yang sederhana dua tahun lalu saat masih bekerja sebagai karyawan swasta.

Namun, rasa sukanya itu juga tidak lepas dari orang-orang di sekitarnya yang sering berkumpul di sebuah tempat hanya sekedar mengobrol atau mengonsumsi pangan sederhana, tentunya sambil minum kopi."Sekitar dua tahun, usaha warung kopi ini saya rintis karena melihat minat masyarakat terhadap tempat mengobrol pembicaraan informal di luar kantor atau rumah di Karawang cukup tinggi," ungkapnya.

Dia juga menuturkan biaya modal yang dikeluarkannya untuk merintis usaha ini tak cukup banyak, seperti halnya mendirikan sebuah kafe dan restoran yang nota bene merupakan industri bisnis signifikan. "Dari usaha saya, banyak masyarakat, terutama warga karawang mulai sering berinteraksi sosial. Sangat baik bila manusia lebih sering berinteraksi dan tidak hanya memikirkan urusannya sendiri saja," tambah Yayan.

Disinggung mengenai tradisi minum kopi, dia menuturkan sepertinya warga Karawang sejak jaman nenek moyang memang sudah punya kebiasaan minum air beraoma khas berwarna hitam ini. Sedangkan untuk usaha kedai kopi, Yayan melihat keberadaan warga keturunan di Karawang punya andil besar dalam penyebarannya karena usaha mirip kedai/warung memang diawali sejak dulu banyak oleh bangsa keturunan. "Budaya masyarakat keturunan itu, kan terbiasa membuka usaha dalam rumahnya yang sederhana. Saya kira ini berlanjut dan diteruskan sebagai proses persatuan budaya," tilainya.(rif) 

====================
Produk-produk CNI telah terkenal sebagai produk-produk bermutu tinggi baik dari segi manfaat maupun kualitasnya. Sebagai bukti komitmen CNI pada kualitas, CNI telah memiliki sistem Jaminan Kepuasan Konsumen (JKK).


Produk CNI adalah “Produk Kualitas Menengah Atas, Harga Menengah Bawah”
 
Untuk info & Pemesanan :

HUB : MUHAMAD IPANGO
Telp / Hp : 021-7816369
/ 0815 2363 9145 / 0816 160 5367

Kunjungi Toko Online kami di :  




Simak Info Kesehatan di :