.quickedit{ display:none; }

02/12/12

Kopitiam Budaya Ngopi Bangsa Melayu

Kopitiam Budaya Ngopi Bangsa Melayu

Jika Anda tinggal di Jakarta dan rajin mengunjungi pusat perbelanjaan ternama di bilangan Jakarta Pusat, Barat, Selatan, Utara bahkan di Timur saat ini sedang ada fenomena kedai kopi yang menarik perhatian.

Jika di beberapa tahun terakhir pecinta kopi atau Anda yang hobi nongkrong dimanjakan dengan ngopi gaya Amerika, saat ini ada pilihan baru yaitu Kopitiam. Budaya ngopi ala bangsa melayu atau juga cina peranakan ini telah masuk ke mall dengan konsep yang lebih premium pula. Indonesia sudah memiliki budaya ngopi, di tiap daerah memiliki jenis kopi dan cara ngopi yang berbeda.

Kopitiam bukan brand sebuah kedai kopi seperti, itu adalah sebutan warkop atau warung kopi. Sebelum memutuskan akan ngopi dimana Anda bersama teman atau kolega, ada baiknya Anda mengenal apa itu Kopitiam.

Kopitiam atau kopi tiam adalah kedai kopi dan sarapan tradisional di Malaysia dan Singapura. Di Indonesia, kopitiam terutama ada di kota Batam dan Medan. Istilah kopitiam berasal dari gabungan kata kopi (bahasa Melayu) dan kata tiam yang berarti kedai dalam bahasa Hokkien.

Selain kopi, teh, atau susu cokelat makanan yang disediakan adalah beraneka ragam sajian sederhana, seperti telur rebus, roti bakar dengan selai srikaya. Istilah kopitiam tidak untuk dikacaukan dengan Kopitiam sebagai nama jaringan pujasera di Singapura.

Kopitiam Malaysia

Kopitiam terdapat di berbagai tempat di Malaysia. Istilah kopitiam di Malaysia berarti kedai kopi Cina yang lazimnya hanya menawarkan hidangan Cina-Malaysia. Kopitiam tradisional ditiru oleh "kopitiam baru" yang sebenarnya adalah rumah makan siap saji bergaya kopitiam.

Kopitiam modern dirancang sebagai pesaing kedai kopi internasional seperti Starbucks atau The Coffee Bean & Tea Leaf, namun menawarkan kopi selera local dengan harga yang lebih murah. Selain roti bakar isi selai srikaya untuk sarapan, kopitiam modern juga menyediakan menu akan siang dan makan malam.

Perintis kopitiam modern di Malaysia adalah Uncle Lim. Konsep kopitiam Uncle Lim diikuti oleh merek-merek kopitiam modern yang lain.

Kopitiam Singapura

Kopitiam terdapat hampir di seluruh pelosok Singapura, mulai dari kawasan permukiman, kawasan perdagangan, hingga kawasan industri. Lokasinya sering di pusat daerah permukiman seperti lantai dasar apartemen atau ruko. Meja dan kursi untuk pembeli diletakkan di bagian  depan kopitiam yang terbuka, berdekatan dengan tempat orang lalu-lalang.

Duduk berbagi meja dengan orang lain yang tidak dikenal adalah hal yang biasa, terutama selama jam-jam sibuk. Kopitiam dapat berupa sebuah kios makanan dan minuman yang dikelola seorang pedagang, namun sebagian dari kopitiam mengundang berbagai pedagang lain untuk membuka kios hingga lebih terlihat seperti sebuah pujasera.

Berbeda dengan kopitiam di Malaysia yang umumnya dikelola oleh etnik Cina, kopitiam Singapura dikelola oleh pemilik yang berasal dari berbagai etnis di Singapura. Di sebuah kopi tiam, pemilik biasanya mengelola kedai minuman yang menjual kopi,teh, minuman ringan, dan  berbagai hidangan sarapan seperti kaya toast dan telur rebus.
Kedai-kedai lain disewakan ke pengusaha lainnya yang menjual berbagai makanan untuk memenuhi selera penduduk Singapura yang multietnik.

Selamat menikmati kopi dengan suasana yang berbeda!

(ratna.wina@oktomagazine.com)




====================
Produk-produk CNI telah terkenal sebagai produk-produk bermutu tinggi baik dari segi manfaat maupun kualitasnya. Sebagai bukti komitmen CNI pada kualitas, CNI telah memiliki sistem Jaminan Kepuasan Konsumen (JKK).


Produk CNI adalah “Produk Kualitas Menengah Atas, Harga Menengah Bawah”
 
Untuk info & Pemesanan :

HUB : MUHAMAD IPANGO
Telp / Hp : 021-7816369
/ 0815 2363 9145 / 0816 160 5367

Kunjungi Toko Online kami di :  




Simak Info Kesehatan di :