.quickedit{ display:none; }

24/12/12

Minum Kawa, Tradisi Masyarakat Sawahlunto

Masyarakat Desa Lumindai, Sawahlunto, Sumatera Barat memiliki tradisi unik dalam menikmati minuman kopi. Jika diberbagai daerah kopi dibuat dari biji kopi, namun didaerah ini dibuat dari daun kopi. Tradisi ini dinamakan minum kawa. Biasanya warga menikmati kopi kawa dengan ubi goreng. 

Minuman kawa adalah minuman kopi yang dibuat langsung dari daunnya bukan dari biji kopi seperti yang dikenal selama ini. Warga Desa Lumindai, Sawahlunto mempunyai kebiasaan membuat minuman kawa untuk pagi dan sore hari. Modalnya adalah daun kopi yang banyak tumbuh dilingkungan mereka. 

Daun kopi yang dikumpulkan lalu disusun seperti tusuk sate kemudian dibakar. Setelah agak gosong, lalu diremas-remas hingga menjadi serpihan kecil.
Serpihan kecil inilah yang kemudian dicampur dengan air panas. Untuk mengurangi rasa pahit ditambahkan gula merah atau gula aren. Setelah itu siap dihidangkan. 

Sambil menghisap rokok kretek lintingnya, warga biasa minum kawa dengan ditemani hidangan ubi goreng. Apalagi jika minuman kawa ini diruangan terbuka yang terkena hembusan angin semilir. Warga menyakini minuman kawa bisa meningkatkan stamina dan kesehatan tubuh. (Johardio Anse/Sup)

====================
Produk-produk CNI telah terkenal sebagai produk-produk bermutu tinggi baik dari segi manfaat maupun kualitasnya. Sebagai bukti komitmen CNI pada kualitas, CNI telah memiliki sistem Jaminan Kepuasan Konsumen (JKK).


Produk CNI adalah “Produk Kualitas Menengah Atas, Harga Menengah Bawah”
 
Untuk info & Pemesanan :

HUB : MUHAMAD IPANGO
Telp / Hp : 021-7816369
/ 0815 2363 9145 / 0816 160 5367

Kunjungi Toko Online kami di :  




Simak Info Kesehatan di :