.quickedit{ display:none; }

11/12/13

Nglelet/Mbolot, “Tradisi” Ngopi di Rembang

         
Bagi Anda warga Rembang tentu tidak asing dengan istilah mbolot/nglelet. Apa itu mbolot? Mbolot adalah melukis atau membubuhi sebatang rokok dengan ampas {lathek} kopi.  Caranya, kopi yang sudah diminum, ampasnya (agar ampas halus, ngopinya harus pake kopi halus==kalau istilah Rembangnya kopi item, bukan kopi kemasan) diberi tissue (agar kadar airnya hilang) kemudian dicampur sedikit susu putih (bukan susu cream) dan diaduk sampai merata serta halus.
Setelah itu, bolotan siap dilukiskan pada sebatang rokok. Soal motif sangat beragam sesuai dengan selera, ada yang polos (rokok cukup diblok item saja), namun tak jarang ada juga yang diukir dengan jlimetnya.
Untuk memperoleh hasil lukisan yang bagus para pembolot biasanya menggunakan benang, batang korek api atau cukup dengan menggunakan sendok kopi sebagai alat lukisnya.

 
Nah, setelah selesai dilukis sebatang rokok didiamkan (pada tempat yang telah disdiakan oleh pedagang/warung kopi) menunggu kering.
Kebanyakan warung kopi di Rembang dipadati oleh konsumen yang sedang asyik membolot, bukan sekedar minum segelas kopi. Itu sebabnya diwarung-warung kopi tersebut sudah disiapkan peralatan mbolot lengkap dengan pramusaji yang ramah dan menarik.

Ga ada salahnya Anda Selamat mencoba, semoga saja tidak ketagihan…..
 

====================
Produk-produk CNI telah terkenal sebagai produk-produk bermutu tinggi baik dari segi manfaat maupun kualitasnya. Sebagai bukti komitmen CNI pada kualitas, CNI telah memiliki sistem Jaminan Kepuasan Konsumen (JKK).


Produk CNI adalah “Produk Kualitas Menengah Atas, Harga Menengah Bawah”
 
Untuk info & Pemesanan :

HUB : MUHAMAD IPANGO
Telp / Hp : 021-7816369
/ 0815 2363 9145 / 0816 160 5367

Kunjungi Toko Online kami di :  




Simak Info Kesehatan di :