.quickedit{ display:none; }

14/12/13

Bondan Winarno : Budaya Minum Kopi di Indonesia Masih Rendah

Indonesia boleh berbesar hati karena diakui oleh jagat raya sebagai negara penghasil kopi terbesar di dunia setelah Brazil dan Vietnam. Hebatnya lagi, kebun-kebun kopi di Indonesia hanya menggunakan pupuk kandang sebagai perangsang pertumbuhan, sementara Brazil dan Vietnam menggunakan pupuk kimia sehingga pertumbuhannya lebih cepat.

Dunia memiliki dua jenis kopi tersohor, yaitu Arabika dan Robusta. Kopi Arabika hidup di daerah yang sejuk dan dingin, wanginya mencolok mirip perpaduan harum bunga dan buah. Produksi Kopi Arabika lebih besar di dunia, yakni 70%, sementara Kopi Robusta hanya 30%. Kopi Robusta memiliki rasa mirip cokelat, lebih ringan dari Kopi Arabika, teksturnya lebih kasar dengan warna bervariasi sesuai dengan pengolahan. Kedua jenis kopi tersebut akan menghasilkan rasa yang berbeda-beda di setiap negara karena iklim, kondisi tanah dan proses pengemasan yang juga variatif.

Indonesia sendiri memproduksi kedua jenis kopi tersebut, namun prosentase Kopi Robusta lebih besar daripada Kopi Arabika. Pada saat ini, Kopi Robusta diproduksi lebih dari 95%, sedangkan selebihnya adalah Kopi Arabika, Aceh adalah salah satu penghasil Kopi Arabika terbesar di Indonesia.

Kekayaan Indonesia dari sektor industri kopi tersebut berdampak pada banyaknya kedai-kedai kopi modern yang mulai bermunculan, tentu target mereka adalah para pecinta kopi.

Berbanding terbalik dengan potensi budidaya kopi di Indonesia yang begitu menjanjikan, Bondan Winarno, pelopor wisata kuliner sekaligus pemilik kedai Kopitiam Oey mengatakan,  “budaya minum kopi Indonesia masih sangat rendah, kedai-kedai kopi memiliki banyak pilihan menu kopi, namun yang banyak dipesan pengunjung justru bukan kopi, mereka lebih suka memesan vanilla late, atau cappuccino”.

Oleh karenanya, Bondan Winarno berupaya meningkatkan budaya minum kopi di Indonesia, yaitu dengan membangun sebuah kedai kopi bernama Kopitiam Oey yang kini sudah memiliki 16 cabang. Sejak kecil, ia sudah dikelilingi oleh orang-orang yang sering menikmati kopi, baginya, kopi adalah minuman yang bisa disajikan untuk berbagai kalangan. “Budaya minum kopi harus ditingkatkan, apalagi Indonesia sudah diakui sebagai negara penghasil kopi nomor 3 terbesar di dunia”, tegasnya saat ditemui pada soft opening Kopitiam Oey Cinere, Rabu (25/07). (Laras)

====================
Produk-produk CNI telah terkenal sebagai produk-produk bermutu tinggi baik dari segi manfaat maupun kualitasnya. Sebagai bukti komitmen CNI pada kualitas, CNI telah memiliki sistem Jaminan Kepuasan Konsumen (JKK).


Produk CNI adalah “Produk Kualitas Menengah Atas, Harga Menengah Bawah”
 
Untuk info & Pemesanan :

HUB : MUHAMAD IPANGO
Telp / Hp : 021-7816369
/ 0815 2363 9145 / 0816 160 5367

Kunjungi Toko Online kami di :  




Simak Info Kesehatan di :